Teori Biometrika

Sebelum membahas apa itu teori biometrika kita harus membahas terlebih dahulu dasar dari teori tersebut yaitu dari statistika karena teori biometrika merupakan salah satu statitika terapan.
Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Istilah 'statistika' (bahasa Inggris statistics) berbeda dengan 'statistik' (statistic). Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data. Dari kumpulan data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data; ini dinamakan statistika deskriptif. Sebagian besar konsep dasar statistika mengasumsikan teori probabilitas.

Biometrika merupakan penerapan statiska dalam ilmu biologi yang berdasarkan pengembangan dari metode dasar identifikasi dengan menggunakan karakteristik alami manusia sebagai basisnya.
Menurut wikipedia Biometrika disebut juga Biostatistika (gabungan dari kata biologi dengan statistika; kadang-kadang dirujuk sebagai biometri atau biometrika) yang merupakan penerapan ilmu statistika ke dalam ilmu biologi. Ilmu biostatistika meliputi rancangan percobaan biologi, utamanya dalam bidang agrikultur dan kedokteran, pengoleksian data, peringkasan data, dan analisis data percobaan. Sebelum menggunakan teknologi biometrika, pengenalan identitas dilakukan dengan menggunakan metode konvensional. Metode ini memiliki beberapa kelemahan seperti hilang dan dapat dicuri, bahkan lupa password. Berbagai kelemahan ini menjadi pemicu berkembangnya teknologi biometrika. Dengan menggunakan sistem biometrika digunakan bagian tubuh dan perilaku pada seseorang. Pada biometrika mencakup karakteristik fisiologis dan perilaku.

Sistem biometrika merupakan teknologi pengenalan diri dengan menggunakan bagian tubuh atau perilaku manusia. Sidik jari dan tanda tangan, masing-masing merupakan contoh biometrika berdasarkan bagian tubuh dan tingkah laku manusia. Secara harfiah, biometrika atau biometrics berasal dari kata bio dan metrics. Bio berarti sesuatu yang hidup dan metrics berarti mengukur. Biometrika berarti mengukur karakteristik pembeda (distinguish traits) pada tubuh atau perilaku seseorang yang digunakan untuk melakukan pengenalan secara otomatis terhadap identitas orang tersebut, dengan membandingkannya dengan karakteristik yang sebelumnya telah disimpan pada suatu database.

Untuk dapat digunakan sebagai pengenalan individu, karakteristik-karaktristik tersebut harus unik dan khas, sehingga peluang dua orang individu memiliki karakteristik yang sama adalah minimal. Syarat yang kedua, karakteristik tersebut haruslah stabil, tidak berubah sesuai bertambahnya umur ataupun karena kondisi lingkungan tertentu.

Dalam pengaplikasian sistem biometrika digunakanlah sidik jari dimana sidik jari merupakan karakteristik biometrika yang memiliki tingkat keandalan (reliability) paling tinggi di antara karakteristik-karakteristik biometrika yang lain. Karakteristik biometrika pada sidik jari didasarkan pada pola alur dari bukit (ridge) dan lembah (valley) pada ujung jari, alur bukit dan lembah pada sidik jari menunjukkan ciri yang unik pada tiap ujung jari. Meskipun belum dapat dibuktikan secara ilmiah, sidik jari seseorang dipercaya berbeda antara satu orang dengan orang yang lain dan berbeda dengan sidik jari pada jari yang yang lain pada tangan orang yang sama. Kembar identik yang secara DNA sama persis dapat dipastikan memiliki sidik jari yang berbeda.

Di aplikasi berbasis android sudah ada yang membuat namun masih kurang dapat dipercaya karena untuk dapat mengenal sidik jari dari seseorang harus memiliki alat berupa sensor yang dapat mengenal karakteristik dari setiap tubuh manusia namun tidak salah untuk mencoba aplikasi ini yaitu https://market.android.com/details?id=com.gau.screenguru.finger&feature=search_result
untuk dapat mendonload diperlukan id gmail dan smartphone berbasis android..^^
sekian ulasan saya mengenai teori biometrika ini.

http://id.wikipedia.org/wiki/Statistika
http://ciiuchiel.blogspot.com/2011/06/teori-biometrika.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Biostatistika
http://eprints.undip.ac.id/25259/1/ML2F004504.pdf

1 komentar:

 

Blogger news

Blogroll

About

mY siTe © 2012 | Template By Jasriman Sukri